Jokowi Minta Internet Cepat Tak Dipakai Sebar Hoaks dan Fitnah

Kompas.com - 14/10/2019, 11:51 WIB
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc. ANTARA FOTO/Puspa PerwitasariPresiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap internet yang cepat karena telah beroperasinya jaringan Palapa Ring tidak disalahgunakan oleh masyarakat untuk menyebarkan ujaran kebencian, fitnah dan hoaks di media sosial.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).

"Harus diingat perkembangan teknologi digital dan konektivitas yang semakin cepat tidak boleh disalahgunakan," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring


"Ujaran kebencian, enggak, enggak boleh dipakai untuk ini. Ini bukan untuk hal itu,  fitnah enggak, untuk hoaks enggak, untuk fakenews enggak. Ini yang harus dicegah," sambung Jokowi.

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.
Jokowi menegaskan saling menjelekan dan saling mencela di media sosial harus dihentikan. Termasuk kejahatan siber dan kejahatan lainnya lewat internet juga harus dicegah agar tidak semakin berkembang.

Kepala Negara meminta internet yang cepat digunakan untuk hal positif di sektor ekonomi, sektor sosial, budaya, politik, dan pemerintahan.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Langit, Berikut 5 Fakta Palapa Ring

Misalnya dari sektor ekonomi, internet yang cepat dapat digunakan untuk menjual produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah ke jaringan pasar nasional hingga global.

"Kalau nanti ini bisa koneksikan, dari daerah disambungkan ke marketplace nasional, masuk lagi ke marketplace global, dan juga untuk memperkuat industri kita, kita bisa berkompetisi dan kompetitif," kata Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X