Kecaman untuk Arteria Dahlan...

Kompas.com - 11/10/2019, 08:01 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P Arteria Dahlan saat menjadi pembicara dalam diskusi Respublica Political Institute bertajuk Perppu Ormas dan Ancaman Radikalisme di Megawati Institute, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017). KOMPAS.com/Kristian ErdiantoAnggota DPR RI dari Fraksi PDI-P Arteria Dahlan saat menjadi pembicara dalam diskusi Respublica Political Institute bertajuk Perppu Ormas dan Ancaman Radikalisme di Megawati Institute, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P) Arteria Dahlan banyak dibicarakan di jagat media sosial. Publik di internet membahas perilaku Arteria saat berdebat dengan ekonom Emil Salim di acara Mata Najwa yang ditayangkan Trans 7, Rabu (9/10/2019). 

Video Arteria yang dianggap bersikap kasar pada Emil Salim viral. Arteria dianggap tak pantas mempertontonkan sikap yang dianggap tak sopan kepada Emil, tokoh senior yang sudah malang melintang di pemerintahan.

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, menilai, sikap yang ditunjukkan Arteria dalam acara tersebut tidak pantas dilakukan oleh pejabat publik.

Baca juga: Sebut Emil Salim Prof Sesat, Ini Penjelasan Arteria Dahlan

"Saya kira untuk kasus Arteria dan Pak Emil, publik bisa menilai bicara terbuka. Seperti itu tidak pantas untuk pejabat publik. Publically incorrect," kata Saiful kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2019).

Saiful mengatakan, setiap pejabat publik seharusnya menunjukkan sikap baik, setidaknya ketika berbicara di masyarakat.

Lebih lanjut, kata Saiful, tindakan Arteria dapat mengurangi kepercayaan publik kepada para politisi. Padahal, bagi para politisi, kepercayaan merupakan modal karirnya.

"Karena itu pada gilirannya mendegradasi modal politik kita secara umum," ujar Saiful.

Di sisi lain Arteria membela diri. Menurutnya, apa yang dikatakannya di acara talkshow tersebut merupakan upaya untuk menyampaikan kebenaran.

"Enggak apa-apa, saya mewakafkan diri saya untuk menyatakan yang benar walau terkesan tidak populer sekalipun," kata Arteria saat dihubungi, Kamis (10/10/2019).

Arteria malah menyayangkan tokoh senior Emil Salim sengaja dipancing untuk menyampaikan hal-hal yang bukan kapasitasnya. Menurut dia, Emil Salim dimanfaatkan.

Baca juga: Dikecam karena Berlaku Kasar, Arteria Dahlan Malah Tuding Emil Salim Dimanfaatkan

"Saya hanya sayangkan seorang tokoh senior yang saya hormati, dimanfaatkan untuk mengutarakan hal-hal yang sebenarnya di luar kapasitas beliau," ujarnya.

Arteria pun enggan mengucapkan permintaan maaf kepada tokoh senior tersebut. Arteria justru meminta Emil menarik ucapannya terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menyarankan agar membaca materi dalam UU KPK hasil revisi.

"Saya minta Prof Emil tarik ucapannya. Baca dulu dengan baik materi muatan revisi UU KPK, pahami fakta hukum dan sosial yang ada, bicara sesuai keahlian saja," ujar Arteria

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X