Bertemu Paus di Vatikan, Ini yang Disampaikan Menag Lukman

Kompas.com - 03/10/2019, 22:02 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat bersalaman dengan Sri Paus Fransiscus di Vatikan. Instagram Pope FrancisMenteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat bersalaman dengan Sri Paus Fransiscus di Vatikan.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sempat bertemu dengan Paus Fransiskus yang tengah menggelar audiensi umum di lapangan Santo Petrus Vatikan, Rabu (2/10/2019).

Seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Agama, Lukman sempat bersalaman dan berdialog singkat dengan Sri Paus Fransiskus, Menag menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia amat bersyukur dan berterima kasih ada salah satu putra terbaik Indonesia diberi kepercayaan sebagai Kardinal. Ia adalah Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmojo.

Baca juga: Bertemu Paus Fransiskus, GP Ansor Bawa Misi Perdamaian Islam ke Vatikan

Menag juga mengungkapkan bahwa Piagam Persaudaraan Kemanusiaan yang ditandatangani oleh Sri Paus dan Grand Syaikh Al-Azhar di Abu Dhabi sungguh membahagiakan dan menentramkan.

Ia juga menyampaikan kepada Paus bahwa Indonesia terus menggaungkan Moderasi Beragama bagi setiap umat beragama guna membangun peradaban bersama.

Dalam kesempatan itu, Menag memberikan cenderamata berupa Plakat Kementerian Agama yang ditandatangani olehnya kepada Paus. Sementara Paus memberi memberi medali perak yang berlogo Negara Vatikan.

Sementara itu, Paus Fransiskus dalam akun Instagram resminya mengunggah foto-foto saat ia menggelar audiensi umum. Salah satu foto yang diunggah adalah saat ia bersalaman dengan Lukman.

Menag tiba di Roma Selasa (1/10) siang, pukul 13.00 waktu Roma, setelah menempuh penerbangan selama 15 Jam dari Jakarta. Menag menjalani sejumlah kegiatan selama beberapa hari di Vatikan.

Baca juga: GP Ansor Kunjungi Vatikan, Paus Fransiskus: Saya Doakan Anda, Anda Doakan Saya

Selain menghadiri audiensi umum dengan Paus Fransiskus di lapangan Santo Petrus Roma, Menag juga melakukan napak tilas ke Asisi, bertemu dengan Presiden Pontifical Council for Interreligious Dialogue (PCID) atau Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Tahta Suci Vatikan, serta mengunjungi Museum Vatikan yang di dalamnya ada Indonesia Corner.

Menag juga dijadwalkan akan bertemu dengan Imam Besar dan Pengurus Masjid Raya Roma dan berdiskusi dengan masyarakat Indonesia di KBRI Roma. Terakhir, Menag akan menghadiri pelantikan Kardinal di Basilika Santo Petrus Vatikan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X