BMKG Prediksi Hujan Merata Mulai November, Puncaknya Januari

Kompas.com - 02/10/2019, 16:54 WIB
Ilustrasi hujan KOMPAS/IWAN SETIAWANIlustrasi hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi musim hujan akan mulai merata di seluruh Indonesia pada November.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari mengatakan, puncak musim hujan akan terjadi di awal tahun depan atau 2020.

"Musim hujan akan terjadi merata di Indonesia mulai November, puncaknya terjadi pada Januari dan Februari 2020," ujar Indra dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 tentang Penanganan Bencana, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan, Berikut Daftarnya

Dia mengatakan, walaupun masih ada beberapa daerah yang intensitas hujannya rendah, akan tetapi sebagian besar daerah sudah mulai mengalami hujan.

Di Jawa, kata dia, pada November akan mulai turun hujan meski kriterianya menengah.

Sementara pada Desember, sebagian besar wilayah sudah masuk hujan.

"Kemudian pada Februari-Maret curah hujannya akan makin tinggi, tapi Sumatera bagian utara mulai menurun," kata dia.

Baca juga: Waspada, BMKG Sebut 8 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini

Adapun selama bulan Oktober ini, curah hujan di seluruh wilayah Indonesia masih dikategorikan rendah hingga sedang. Kategori sedang, terjadi di sebagian wilayah utara.

"Perkiraan kami sampai satu bulan ke depan, daerah yang berpotensi hujan itu Aceh dan Sumatera Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua. Kalau Lampung potensinya masih rendah," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X