Kompas.com - 02/10/2019, 11:31 WIB
Hampir setengah anggota DPR dan DPD tak menghadiri sidang paripurna MPR, Rabu (2/10/2019). Dari 711 anggota DPR dan DPD, hanya 376 anggota yang hadir berdasar absensi yang dibacakan saat pembukaan sidang.   Artinya 335 anggota lainnya tidak hadir. KOMPAS.com/IhsanuddinHampir setengah anggota DPR dan DPD tak menghadiri sidang paripurna MPR, Rabu (2/10/2019). Dari 711 anggota DPR dan DPD, hanya 376 anggota yang hadir berdasar absensi yang dibacakan saat pembukaan sidang. Artinya 335 anggota lainnya tidak hadir.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setengah anggota DPR dan DPD tak menghadiri sidang paripurna MPR, Rabu (2/10/2019).

Dari 711 anggota DPR dan DPD, hanya 376 anggota yang hadir berdasar absensi yang dibacakan saat pembukaan sidang.

Artinya 335 anggota lainnya tidak hadir. Padahal mereka baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota DPR dan DPD pada Selasa (1/10/2019) kemarin.

Baca juga: Demo Buruh, Polisi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gedung DPR

Bahkan satu pimpinan sementara MPR, Sabam Sirait, yang harusnya memimpin jalannya sidang, juga ikut absen.

Akhirnya sidang hanya dipimpin oleh satu pimpinan, yakni Hillary Brigitta Lasut.

Hal itu membuat perdebatan terkait keabsahan sidang. Akhirnya sidang sempat diskors sementara untuk melakukan rapat konsultasi antar fraksi.

Baca juga: Menanti Kiprah Mulan Jameela di DPR Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Adapun agenda sidang paripurna hari ini adalah untuk memilih pimpinan MPR. Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, dan DPD yang baru direvisi, pimpinan MPR berjumlah 10 orang. Jumlah itu terdiri dari perwakilan 9 fraksi dan satu unsur DPD.

Artinya setiap fraksi akan mendapat jatah kursi pimpinan. Setiap fraksi akan menyerahkan nama anggotanya yang akan diusulkan menjadi pimpinan MPR. Setelah itu akan dipilih satu orang menjadi Ketua MPR.

Kompas TV La Nyalla Mahmud Mattalitti terpilih sebagai Ketua DPD periode 2019-2024. La Nyalla terpilih lewat mekanisme voting. Dalam voting tidak semua anggota DPD hadir karena menurut catatan Sekjen DPD, Anggota DPD yang menggunakan hak suara sebanyak 134 orang. La Nyalla unggul atas 3 pimpinan DPD lainnya yakni Mahyudin, Sultan Bachtiar Najamudin dan Nono Sampono. La Nyalla mendapat 47 suara disusul Nono Sampono 40 suara lalu Mahyudin 28 suara dan Sultan Bachtiar 18 suara. Sebelumnya rapat paripurna kedua dewan perwakilan daerah diwarnai banyak interupsi. Sejumlah senator menginterupsi pimpinan sidang sementara karena dianggap tak patuh aturan. Interupsi mempermasalahkan sikap pimpinan DPD termuda yang terus memimpin sidang tanpa kehadiran pimpinan DPD tertua Sabam Sirait. Akibatnya sidang paripurna kedua dianggap cacat formil. #KetuaDPD #LaNyalla #DPD
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.