KPK: Indeks Integritas Pemprov Jateng Tertinggi, Mahkamah Agung Terendah

Kompas.com - 01/10/2019, 15:22 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyerahkan hasil Survei Penilaian Integritas kepada para peserta survei di Kantor KPK, Selasa (30/9/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DWakil Ketua KPK Alexander Marwata menyerahkan hasil Survei Penilaian Integritas kepada para peserta survei di Kantor KPK, Selasa (30/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi merilis hasil Survei Penilaian Integritas Tahun 2018 yang diselenggarakan di 20 pemerintah provinsi dan enam kementerian/lembaga.

Survei itu menunjukkan, secara umum, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki angka integritas tertinggi dengan nilai 78,26 sedangkan Mahkamah Agung memiliki angka integritas terendah adalah senilai 61,33.

Bila dilihat per sektor, instansi yang memiliki angka integritas tertinggi di sektor kementerian/lembaga adalah Kementerian Kesehatan dengan nilai 74,75.

Baca juga: KPK: Rata-rata Indeks Integritas Instansi Pemerintahan Naik

Sedangkan, Pemerintah Provinsi Riau mendapat nilai terendah di sektor pemerintah provinsi dengan nilai 62,33.

Direktur Litbang KPK Wawan Wardiana mengatakan, angka di atas mesti menjadi pelecut bagi setiap instansi untuk meningkatkan integritas mereka ke depannya.

"Sekali lagi, yang sudah tinggi jangan tinggi hati, yang kecil itu jangan kecil hati juga. Intinya, yang perlu itu perbaikannya, upaya apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan nilai tadi," kata Wawan.

Baca juga: KPK: 2 dari 10 Pegawai Instansi Pemerintahan Ragu Laporkan Korupsi, Takut Dikucilkan

Survei tersebut diselenggarakan dalam kurun waktu 12 bulan, yakni Juli 2017-Juli 2018. Survei dilakukan terhadap 60 responden internal, 60 responden eksternal, dan 10 responden ahli.

Berikut ini merupakan angka indeks integritas instansi-instansi peserta Survei Penilaian Integritas 2018.

Sektor Pemerintah Provinsi:

1. Jawa Tengah 78,26

2. Jawa Timur 74,96

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X