Nasdem Tunjuk Rachmat Gobel Jadi Wakil Ketua DPR

Kompas.com - 30/09/2019, 11:21 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariSekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, partainya sudah menunjuk Rachmat Gobel menjadi Wakil Ketua DPR periode 2019-2024.

"Kalau Nasdem sudah menunjuk pimpinan DPR RI dalam hal ini Wakil Ketua DPR RI adalah bapak Rachmat Gobel ya," kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Johnny juga mengatakan, partainya sudah mengajukan Lestari Moerdijat sebagai pimpinan MPR.

Baca juga: Melihat Perbedaan Respons PDI-P dan Nasdem terhadap Jokowi yang Pertimbangkan Perppu KPK...

Johnny berharap, pemilihan Ketua MPR nantinya dapat dilakukan secara musyawarah oleh sembilan fraksi partai sesuai yang diamanatkan UU tentang MD3 hasil revisi.

"Siapa yang jadi pimpinan MPR? Maka kami minta agar bisa dilakukan musyawarah dari sembilan partai politik yang ada di DPR RI dan DPD karena itu nafas dari revisi UU MD3," ujarnya.

Johnny mengatakan, alasan partainya memilih Rachmat Gobel dan Lestari Moerdijat sebagai pimpinan DPR dan MPR berdasarkan pada ketokohan mereka yang dapat membantu tugas-tugas di DPR dan MPR.

Baca juga: Nasdem Dukung Kader Golkar Jadi Ketua MPR 2019-2024

Selain itu, kata Johnny, pemilihan dua kader itu bertujuan untuk "rebranding politik" sehingga partainya memilih kader-kader yang memadai, berkompetensi dan berintegritas.

"Melihat tokoh-tokoh yang bisa membantu DPR RI rebranding politik, dalam rangka rebranding karenanya membutuhkan tokoh yang mempunyai kompetensi yang memadai tokoh yang integritas nya terjaga dengan baik," ucapnya.

Selanjutnya, Johnny mengatakan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan dirinya selaku sekjen segera menandatangani Surat Keputusan (SK) terkait Ketua DPR dan Pimpinan MPR.

Baca juga: Nasdem Ajukan Kader Perempuan Lestari Moerdijat sebagai Pimpinan MPR

"SK akan ditanda tangani oleh ketua umum dan sekjen dan itu akan disampaikan secara formil melalui Fraksi masing-masing, baik Fraksi di DPR RI untuk pimpinan DPR RI dan fraksi MPR RI untuk pimpinan DPR RI," pungkasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3 pimpinan DPR terdiri dari lima yaitu satu orang ketua dan empat orang wakil ketua yang berasal dari partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPR.

Adapun lima partai politik yang memiliki kursi terbanyak adalah PDIP, Partai Golkar, Gerindra, Nasdem, dan PKB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X