Wartawan Sahabat Soe Hok Gie Aristides Katoppo Meninggal

Kompas.com - 29/09/2019, 14:27 WIB
Tokoh pers Indonesia, Aristides Katoppo saat diwawancarai di Malang, Sabtu (21/9/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOTokoh pers Indonesia, Aristides Katoppo saat diwawancarai di Malang, Sabtu (21/9/2019).
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wartawan senior Aristides Katoppo, atau yang akrab disapa Tides, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Minggu (29/9/2019) siang.

Informasi tersebut dikonfirmasi oleh anak dari mantan Pemimpin Redaksi harian sore Sinar Harapan tersebut, Jura Katoppo.

“Iya (Tides meninggal dunia), tadi jam 12:05 WIB di RS Abdi Waluyo,” ungkap Jura ketika dikonfirmasi Kompas.com, Minggu.

Jura menuturkan bahwa ayahnya, yang juga sahabat dekat aktivis Soe Hok Gie ini, dilarikan ke rumah sakit karena merasa kesakitan pada tulang kering di kaki kiri.

Ayahnya, kata Jura, juga mengeluh badannya kesakitan, seperti akan terjangkit flu.

Kendati demikian, ia mengaku tak mengetahui pasti penyebab ayahnya meninggal. Namun, menurut Jura, jantung almarhum melemah selama beberapa tahun belakangan.

“Meninggalnya tidak tahu kenapa, tapi dia kan memang jantungnya sudah lemah, boleh dibilang beberapa tahun terakhir dia sudah gagal jantung kanannya, klepnya sudah tidak berfungsi dengan baik,” ungkap Jura.

Baca juga: 2 Januari 1973, Izin Cetak Sinar Harapan Dicabut karena Beritakan RAPBN

Rencananya, jenazah almarhum akan dibawa ke rumah duka di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Kemudian, jenazahnya akan dikremasi pada Selasa (1/10/2019).

Aristides merupakan pemimpin redaksi pertama setelah Sinar Harapan kembali terbit pada 2001. Koran sore tersebut sempat diberedel pemerintah Orde Baru pada 1986. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X