KILAS

Maksimalkan Mitigasi Bencana, Kemensos Tingkatkan Kualitas SDM Tagana

Kompas.com - 27/09/2019, 10:12 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Bakti Sosial Tingkat Nasional dok. KemensosMenteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita saat menghadiri Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Bakti Sosial Tingkat Nasional

KOMPAS.com - Kementerian Sosial ( Kemensos) tengah berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) dalam upayanya memaksimalkan mitigasi (mengurangi risiko) bencana di Tanah Air.

Terbaru, Kemensos menggelar Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Bakti Sosial Tingkat Nasional di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) pada 25 hingga 29 September 2019.

Menteri Sosial ( Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut kegiatan ini sebagai wujud kesadaran bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia adalah rawan bencana.

Kegiatan tersebut juga termasuk dalam realisasi UU No 24 Tahun 2007 Bab I Pasal 1 angka 9 tentang upaya mengurangi risiko bencana.

Baca juga: Mensos Beberkan 5 Langkah Tangani Korban Terdampak Karhutla

"Kegiatan ini adalah momentum untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana bagi organisasi pelayanan sosial seperti Tagana," ucap dia sesuai keterangan rilis yang Kompas.com terima, Jumat (27/9/2019).

Sekadar informasi, Jambore berlangsung di tiga kota di Jatim, yakni di Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo,

Kegiatan yang mengangkat tema Tagana Menjaga Alam diikuti 2.750 Tagana. Tak hanya dari Indonesia, Jambore ini juga diikuti perwakilan dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Kemudian perwakilan dari Non Governmnet Organization (NGO) baik lokal dan internasional, perwakilan Kampung Siaga Bencana (KSB), Pilar-pilar Sosial, dan relawan kebencanaan lainnya.

Baca juga: BMN Award, Jadi Bukti Kemensos Sukses Reformasi Birokrasi

Bibit pohon

Dalam rangkaian Jambore tersebut, Kemensos juga turut mengadakan kegiatan menyemai bibit pohon keras untuk dibagikan ke masyarakat di 38 kota dan kabupaten di Jatim.

Mensos memaparkan, kegiatan ini adalah bentuk lain dari upaya menjaga alam dimulai dari hal sederhana dengan meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah rawan bencana.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X