Terkait Karhutla, Riau Tetapkan Status Tanggap Darurat

Kompas.com - 23/09/2019, 16:03 WIB
Tim Satgas Karhutla dan sejumlah warga, berjibaku memadamkan api kebakaran lahan di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (22/9/2019). KOMPAS.com/IDON TANJUNGTim Satgas Karhutla dan sejumlah warga, berjibaku memadamkan api kebakaran lahan di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (22/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Riau menetapkan status tanggap darurat terkait kebakaran hutan dan lahan yang melanda wilayah mereka.

"Ada dua (provinsi) ya, Kalteng (Kalimantan Tengah) sama Riau. Riau hari ini, Kalteng udah minggu kemarin ya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Ia mengatakan,  status tanggap darurat menunjukkan bahwa pemerintah daerah setempat tengah fokus menangani kebakaran hutan dan lahan yang melanda wilayahnya. 

Baca juga: Kisah Bahagia Warga Pelosok Riau Kini Punya Sekolah Satu Atap

Agus memaparkan, status kebencanaan terbagi tiga. Pertama, status siap siaga yang menandakan pemerintah daerah mengantisipasi terjadinya bencana.

Kedua, tanggap darurat yang berarti pemerintah daerah tengah menangani bencana.

Ketiga, transisi dari tanggap darurat ke pemulihan yang artinya pemerintah daerah berfokus pada upaya rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Kemarin siap-siap mencegahnya. Kalau ini bukan mencegah lagi, tapi mengatasi yang memang sudah jadi bencana bagi masyarakat di dua provinsi tadi," ujar Agus lagi.

Baca juga: Sudah Seminggu, Kebakaran Hutan Gambut di Kampar Riau Belum Teratasi

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalteng menetapkan status tanggap darurat terkait kebakaran hutan dan lahan yang melanda wilayah mereka.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ditetapkan sebagai Komandan Darurat Penanganan Bencana.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X