Pengusaha dan Pengacaranya Didakwa Suap Aspidum Kejati DKI Jakarta

Kompas.com - 19/09/2019, 17:10 WIB
Sidang dakwaan Pemilik Chaze Trade Ltd Sendy Pericho dan pengacaranya Alfin Suherman di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/9/2019). KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANSidang dakwaan Pemilik Chaze Trade Ltd Sendy Pericho dan pengacaranya Alfin Suherman di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik Chaze Trade Ltd Sendy Pericho dan pengacaranya Alfin Suherman didakwa menyuap Asisten Bidang Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Agus Winoto, sebesar Rp 200 juta.

Keduanya juga didakwa menyuap jaksa penuntut umum pada Kejati DKI Jakarta Arih Wira Suranta sebesar Rp 150 juta.

"Bahwa Terdakwa I Sendy Perico bersama-sama Terdakwa II Alfin Suherman telah melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang dipandang sebagai perbuatan yang berdiri sendiri sehingga merupakan beberapa kejahatan, memberi atau menjanjikan sesuatu," kata jaksa KPK Wawan Yunarwanto saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Baca juga: Kasus Suap Aspidum Kejati DKI Jakarta, 6 Orang Dicegah ke Luar Negeri

Suap itu dimaksudkan agar Agus menurunkan rencana tuntutan perkara yang melibatkan pihak Sendy Pericho dan koleganya Hary Suwanda serta Raymond Warung selaku pendiri Chaze Trade Ltd.

Sementara suap untuk Arih dimaksudkan agar segera menyatakan berkas perkara Hary dan Raymond dinyatakan lengkap.

Menurut jaksa, pada awal Maret 2013, Sendy bersama Hary dan Raymond mendirikan perusahaan Chaze Trade Ltd tersebut.

"Setelah beberapa bulan beroperasi pada bulan Agustus 2013, perusahaan Chaze Trade Ltd mengalami kerugian dan akhirnya ditutup dikarenakan Raymond Warung terjerat masalah hukum," kata jaksa Wawan.

Baca juga: Aspidum Kejati DKI Jadi Tersangka di KPK, Kejagung Rotasi Jabatan

Pada 2 Juli 2014 Sendy Pericho melaporkan Hary Suwanda dan Raymond Rawung ke Direskrimum Polda Metro Jaya terkait dugaan penipuan dan penggelapan dana operasional Chaze Trade Ltd.

Oktober 2018, Polda Metro Jaya pun mengamankan Raymond dan Hary dan selanjutnya dilakukan penyidikan.

Di sisi lain, Arih selaku jaksa pada Kejati DKI Jakarta ditunjuk untuk mengikuti perkembangan penyidikan Raymond dan Hary.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X