KILAS

Sah, Komisi III DPR Tetapkan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

Kompas.com - 13/09/2019, 14:36 WIB
Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin saat memimpin jalannya sidang penentuan komisioner KPK periode 2019-2023, Jakarta, Kamis (12/9/2019) Dok. DPR RIKetua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin saat memimpin jalannya sidang penentuan komisioner KPK periode 2019-2023, Jakarta, Kamis (12/9/2019)

KOMPAS.com – Komisi III DPR RI telah memilih lima calon komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) periode 2019-2023 lewat mekanisme voting yang dihadiri 56 anggota Komisi III DPR.

Sebelumnya, penguji telah menggelar uji kepatutan dan kelayakan atas sepuluh nama calon komisioner selama dua hari.

Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin secara langsung memutuskan lima calon terpilih setelahnya, Kamis (12/9/2019). Kelima calon tersebut adalah Firli Bahuri dengan 56 suara, Alexander Marwata (53), Nurul Gufron (51), Nawawi Pamolongo (50), dan Lili Pantauli Siregar (44).

Setelah voting, rapat diskors selama lima menit untuk menentukan ketua lembaga antirasuah tersebut.

Baca juga: Saat Canda Tawa Warnai Voting Pimpinan KPK di Komisi III DPR...

Lalu, berdasarkan kesepakatan seluruh fraksi di DPR, Komisi III akhirnya sepakat memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru untuk periode 2019 - 2023.

"Berdasarkan diskusi dan musyawarah dari seluruh perwakilan fraksi yang hadir telah disepakati Ketua KPK masa bakti 2019-2023 adalah saudara Firli Bahuri," ujar Azis melalui rilis tertulis, Jumat (13/9/2019).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata juga terpilih kembali untuk periode lima tahun ke depan. Ia adalah satu-satunya pimpinan KPK yang terpilih lagi.

Baca juga: Soal Dewan Pengawas KPK, Jokowi: Presiden Juga Diawasi DPR dan BPK

Usai voting semalam, lima komisioner terpilih menandatangani komitmennya dengan Komisi III di atas kertas bermaterai. Hal yang sebelumnya belum pernah terjadi usai pemilihan komisioner KPK.

Nama-nama para komisioner terpilih tersebut kemudian segera dibawa ke rapat paripurna DPR untuk disahkan sebagai komisioner KPK. Selanjutnya, kelima komisioner KPK tersebut akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X