Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2019, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Tahun ini Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali sukses menyabet predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pencapaian ini terasa manis mengingat LAN telah konsisten meraihnya sejak 2006 hingga 2018 atau 12 kali berturut-turut.

Pemberian sertifikat WTP diberikan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, kepada Sekretaris Utama (Sestama) LAN, Reni Suzana, dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2019 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

"Terima kasih sebesar-besarnya bagi seluruh pegawai LAN atas kinerja baik dan senantiasa melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik”," ucap Sestama LAN Reni Suzana sesuai keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Kemendagri dan BNPP Bertekad Pertahankan Predikat WTP

Selain predikat WTP, LAN juga meraih juara ketiga kategori sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) untuk Kelompok Kementerian atau Lembaga dengan jumlah sampai 10 satuan kerja.

Melihat pencapaian ini, Reni berharap LAN dapat memacu kinerja lebih baik lagi untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan bahwa keuangan negara memiliki peranan dan kontribusi penting di dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, menciptakan keadilan sosial, dan pemerataan yang semakin kuat.

"Pemerintah perlu mengoptimalkan pengelolaan keuangan negara termasuk menggunakan informasi keuangan tersebut,” ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Laporan Keuangan OJK Kembali Raih Predikat WTP

Mengenai pengelolaan BMN, imbuh dia, dirinya memberikan apresiasi kepada kementerian dan lembaga yang telah menggunakan, melaporkan, dan mengamankan BMN.

"Terlebih kepada kementerian lembaga yang memiliki inovasi teknologi informasi dalam pengelolaan BMN”," papar Sri Mulyani.

Sekadar informasi, pada pemeriksaan laporan keuangan tahun 2018, LAN menjadi satu-satunya entitas keuangan yang telah diaudit berstandar idnternasional.

Yakni menggunakan International Standards of Supreme Audit Institutions (ISSAI) yang ditetapkan oleh The International Organisation of Supreme Audit Institutions (INTOSAI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.