SOROT POLITIK

Dukung Produk Dalam Negeri Lewat Mobil Esemka

Kompas.com - 13/09/2019, 12:20 WIB
Pabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah StanlyPabrik Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Peresmian mobil Esemka oleh Presiden Joko Widodo pekan lalu mendapat respon yang positif dari berbagai kalangan.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dito Ganundito, mengatakan proyek Mobil Esemka merupakan karya anak bangsa yang patut didukung.

"Mendukung Mobil Esemka sama dengan membela produk dalam negeri," kata politikus Partai Golkar itu dalam pernyataan tertulis, Jumat (13/9/2019).

Kehadiran mobil Esemka, ujar dia, diharapkan memberikan stimulus yang bisa menggerakkan perekonomian nasional.

Selain itu, Mobil Esemka dapat memacu pertumbuhan industri pemasok otomotif lokal dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja di daerah.

Sukiat, inisiator Esemka bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjabat Wali Kota Surakarta.Stanly Sukiat, inisiator Esemka bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjabat Wali Kota Surakarta.

Menurut dia, program mobil Esemka menjadi bagian penting dari program 'Making Indonesia 4.0' yang sejak tahun lalu diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Apalagi, ia melanjutkan apabila proyek itu bisa bersinergi dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik.

" Supaya program tersebut berkembang dengan baik membutuhkan dukungan dari beberapa kementerian lainnya, misalnya Kemenristek Dikti, Kementerian BUMN, dan Kementerian ESDM," ujarnya.

Ia juga menyarankan pabrik mobil Esemka menggandeng perguruan tinggi untuk melakukan sejumlah riset di bidang pembuatan mobil, termasuk kemungkinan untuk pengembangan mobil listrik.

Kerja sama juga meliputi material yang digunakan, sistem manufaktur, serta pendanaan, dan pemasarannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X