Kesamaan Habibie dan Gus Dur dalam Kenangan Yenny Wahid

Kompas.com - 12/09/2019, 19:21 WIB
Putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid, datang ke meeting point pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf dan ketum partai pendukung di Djakarta Theater, Rabu (17/4/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid, datang ke meeting point pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf dan ketum partai pendukung di Djakarta Theater, Rabu (17/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Yenny Wahid, putri presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid mengenang masa-masa ia kerap menemani ayahnya berbincang dengan almarhum presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Yenny mengatakan, Gus Dur dan Habibie adalah tokoh yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat.

Baca juga: Yenny Wahid dan Mahasiswa Papua Kirimkan Salam Damai dari Makam Gus Dur

 


Melalui Habibie, lahir Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Lewat undang-undang tersebut, media massa bisa menyuarakan kritik terhadap pemerintah.

"Beliau juga sama-sama orang yang punya komitmen untuk memberikan kebebasan berpendapat seluas-luasnya di Indonesia untuk membuka ruang bagi demokrasi di indonesia," ujar Yenny selesai menghadiri pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Yenny mengatakan, meski kerap dikritik media, Gus Dur dan Habibie tidak lantas memberedelnya.

"Walaupun dua-duanya juga menjadi korban dari demokrasi itu sendiri, artinya beliau berdua menjadi korban, dikritik, disalahpahami dan sebagainya, tetapi ikhlas menjalaninya. Ini adalah ciri dari seorang negarawan," ucap Yenny.

Baca juga: NU Beda dengan Parpol, Yenny Wahid Ingatkan Tak Tuntut Kursi Menteri

RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pukul Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB.

Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya jantung.

Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, tepatnya di samping makam almarhum istrinya, Hasri Ainun. Prosesi pemakaman berlangsung dengan diiringi upacara militer.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X