Ilham Habibie: Bapak Tunjukkan ke Dunia, Islam dan Demokrasi Kompatibel

Kompas.com - 12/09/2019, 15:59 WIB
Ilham Akbar Habibie berpose bersama ayahnya, BJ Habibie, di perpustakaan Habibie Ainun, Jakarta, Senin (11/8/2014). KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQIlham Akbar Habibie berpose bersama ayahnya, BJ Habibie, di perpustakaan Habibie Ainun, Jakarta, Senin (11/8/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra sulung Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Ilham Akbar Habibie, menyatakan ayahnya merupakan salah satu tokoh Indonesia yang mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Islam dan demokrasi merupakan dua hal yang kompatibel.

Hal itu disampaikan Ilham saat memberikan pidato dalam prosesi pemakaman ayahnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Semasa hidupnya, Habibie menginisiasi berdirinya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Ia pula yang menjadi ketua ICMI pertama.

Baca juga: Pesawat N250 Gatotkoco Karya BJ Habibie, Riwayatmu Kini...


Setelah Soeharto lengser, Habibie memimpin Indonesia di masa transisi demokrasi. Habibie sukses membawa Indonesia lepas dari stigma Orde Baru menuju negara yang demokratis.

"Bapak pula perjuangkan Islam dan demokrasi di Indonesia agar supaya ditujukan kepada dunia ini bahwa dua-duanya kompatibel," ujar Ilham.

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pukul Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB.

Baca juga: Bisa Habiskan 18 Potong Ayam Goreng, Ini RM Padang Favorit BJ Habibie

Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Tepatnya di samping makam almarhum istrinya, Hasri Ainun. Prosesi pemakaman berlangsung dengan diiringi upacara militer.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X