Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, hingga Artis Hadiri Pemakaman Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 13:35 WIB
Sejumlah kerabat dan warga berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata untuk menghadiri pemakaman almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Jakarta, Kamis (12/9/2019). Rencananya, BJ Habibie bakal dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis siang. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYSejumlah kerabat dan warga berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata untuk menghadiri pemakaman almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Jakarta, Kamis (12/9/2019). Rencananya, BJ Habibie bakal dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para menteri Kabinet Kerja dan sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara menghadiri pemakaman Presiden ketiga RI Bacharuddim Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Terlihat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, serta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, dan juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto hadir di TMP Kalibata.

Mereka duduk di dekat tempat duduk keluarga.

"Saya sangat kehilangan, apalagi beliau tokoh teknologi dan industri dirgantara," ujar Airlangga.


Baca juga: Ketum Golkar: BJ Habibie Teknokrat Paham Politik, Pelopor Teknopol

Hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang di TMP Kalibata. Selain itu, terlihat hadir para duta besar dari negara sahabat.

Selanjutnya, hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono dan istri, serta Edhie Baskoro Yudhoyono dan istri.

Tidak hanya itu, sejumlah duta besar negara sahabat juga tampak hadir seperti dari Jepang, Belanda, dan beberapa negara lainnya.

Para artis tanah air juga tampak hadir, antara lain Widyawati, Reza Rahadian, Zascia Adya Mecca, hingga Jaja Miharja.

Jenazah telah diberangkatkan dari kediaman BJ Habibie di wilayah Patra Kuningan, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.00 WIB.

Keluarga telah menyerahkan jenazah kepada negara yang diwakili putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Baca juga: Jenazah Diserahkan ke Negara, Prosesi Pemakaman BJ Habibie Dimulai

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pukul Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Rencananya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Tepatnya di samping makam almarhum istrinya, Hasri Ainun. Prosesi pemakaman berlangsung dengan diiringi upacara militer.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X