Pramono Anung: Kalau Mengenang Pak Habibie, Ada 5 Kata yang Selalu Diingat

Kompas.com - 12/09/2019, 10:12 WIB
DOk. KEMENRISTEKDIKTI/BONI AGUSTA DOK. KEMENRISTEKDIKTI/BONI AGUSTADOk. KEMENRISTEKDIKTI/BONI AGUSTA

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya, yaitu Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

Usai melayat, Pramono menyatakan, ada lima kata yang melekat dan selalu diingat ketika berbicara tentang sosok Habibie.

"Kalau kita mengenang Pak Habibie tentunya ada lima kata yang selalu diingat. Pertama, inovasi; kedua, inspiratif; ketiga, teknologi; keempat, demokrasi; dan kelima, sumber daya manusia," kata Pramono di rumah duka BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Belajar dari Kisah Habibie-Ainun, Berikut 5 Cara Temukan Cinta Sejati

Habibie, lanjut Pramono, memiliki banyak peninggalan besar bagi Indonesia. Misalnya, kebebasan pers yang dirasakan hingga saat ini.

"Dan tentunya ini harus kita rawat dan jaga. Kita harus berterima kasih kepada Pak Habibie karena beliau luar biasa telah meninggalkan bangsa ini sebuah sistem demokrasi dan beberapa temuan yang dilakukan Pak Habibie, selamat jalan, Pak Habibie," pungkasnya.

Seperti diberitakan, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.05 WIB.

Baca juga: Jokowi Ajak Seluruh Masyarakat Indonesia Doakan Almarhum BJ Habibie

Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X