Fakta BJ Habibie Tutup Usia, Penyebab hingga Kesan Presiden Jokowi

Kompas.com - 12/09/2019, 05:05 WIB
Presiden BJ. Habibie sambil menaiki mobil melambaikan tangan kepada warga seusai mencanangkan Gerakan Nasional Penanggulangan Masalah Pangan dan Gizi di Desa Marga Marga Mulya, Kec. Mauk,  Tangerang, Jawa Barat, Senin (2/8/1999). Kepala Negara yang disertai Ibu Hasri Ainun Habibie serta beberapa Menteri Kabinet Reformasi Pembangunan juga meninjau warga. ANTARA FOTO/ALI ANWARPresiden BJ. Habibie sambil menaiki mobil melambaikan tangan kepada warga seusai mencanangkan Gerakan Nasional Penanggulangan Masalah Pangan dan Gizi di Desa Marga Marga Mulya, Kec. Mauk, Tangerang, Jawa Barat, Senin (2/8/1999). Kepala Negara yang disertai Ibu Hasri Ainun Habibie serta beberapa Menteri Kabinet Reformasi Pembangunan juga meninjau warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019). Ia meninggal setelah 10 hari dirawat di sana.

Diketahui, Habibie kembali dirawat intensif sejak 1 September 2019.  Ucapan duka cita pun mengalir ke keluarga yang ditinggalkan.

Berikut sejumlah fakta yang dirangkum terkait meninggalnya Habibie:

1. Meninggal pukul 18.05 WIB


Putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah, Rabu (11/9/2019) petang.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat.

Baca juga: Putra Habibie: BJ Habibie Meninggal Dunia Jam 18.05 WIB

2. Meninggal karena usia dan jantung

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

"Jantungnya sudah berhenti beraktivitas, seperti yang saya bilang. Karena umur dan aktivitas yang banyak," ucap Thareq.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X