BJ Habibie Wafat, Ketua MA Kehilangan Sosok yang Perhatikan Demokrasi Indonesia

Kompas.com - 12/09/2019, 03:33 WIB
Ketua MA Hatta Ali usai melayat Presiden RI ke-3 BJ Habibie di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariKetua MA Hatta Ali usai melayat Presiden RI ke-3 BJ Habibie di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpulangnya Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, membuat Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali merasakan kehilangan sosok yang sangat perhatian terhadap demokrasi di Tanah Air.

"Hal yang mengesankan dari beliau yaitu di dalam hal-hal demokrasi beliau sangat memperhatikan," ujar Hatta Ali di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Selain menaruh perhatian terhadap demokrasi, kata dia, BJ Habibie juga dinilai sering menyumbangkan pemikirannya untuk kemajuan negara ini.

"Selama beliau tidak menjabat, tetap aktif untuk keutuhan bangsa dan negara. Untuk itu kami berduka," kata dia.


Baca juga: Ketum Golkar: BJ Habibie Teknokrat Paham Politik, Pelopor Teknopol

Hatta Ali sendiri mengaku bertemu terakhir kali dengan BJ Habibie saat peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2017.

"Di situ saya terakhir ketemu. Beliau berbicara situasi di Parepare, karena saya keturunan Parepare," kata dia.

Diketahui, BJ Habibie meninggal dunia pada pukul 18.05 WIB dalam usia 83 tahun.

BJ Habibie langsung disemayamkan di rumah pribadinya di Patra Kuningan, Jakarta Selatan setelah dimandikan di RSPAD Gatot Subroto.

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pukul 13.00 WIB.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X