Habibie Wafat, Jokowi: Saya Sampai di RSPAD Beliau Sudah Tidak Ada

Kompas.com - 11/09/2019, 18:52 WIB
Mantan Presiden BJ Habibie menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo tentang kinerja lembaga-lembaga negara. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/17.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayMantan Presiden BJ Habibie menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8). Sidang tersebut beragendakan penyampaian pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo tentang kinerja lembaga-lembaga negara. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/17.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, ia tak sempat lagi bertemu dengan presiden ke-3 RI, BJ Habibie saat tiba di RSPAD, Rabu (11/9/2019) petang.

Setibanya Jokowi di RSPAD, Habibie telah menutup mata selamanya. "Saya sampai ke sini, lima menit sebelumnya, beliau sudah tidak ada," kata Jokowi di RSPAD, Rabu.

Baca juga: Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Wafatnya BJ Habibie

Kendati demikian, Jokowi sudah menjenguk Habibie pada 3 hari lalu. Saat itu, ia tidak bisa berbicara dengan Habibie karena kondisinya yang tidak memungkinkan.


Jokowi pun mengenang Habibie sebagai negarawan yang patut menjadi contoh.

Menurut dia, selama ini Habibie kerap memberi masukan kepada pemerintah terkait persoalan bangsa, termasuk persoalan ekonomi.

Jusuf Habibie meninggal dunia petang ini. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

Baca juga: LIVE STREAMING Laporan Langsung Habibie Meninggal Dunia

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

 

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X