Pemerintah Buka Layanan Internet di Seluruh Wilayah Papua Barat

Kompas.com - 11/09/2019, 16:24 WIB
Para aktivis menggelar aksi demonstrasi meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka akses internet di Papua dan Papua Barat di depan kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019). Aktivis menuntut pemerintah mencabut pembatasan jaringan internet di Papua dan Papua Barat. Sebab, pemblokiran dan pembatasan akses informasi ini melanggar hak digital, terutama hak warga negara untuk dapat mengakses informasi. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPara aktivis menggelar aksi demonstrasi meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka akses internet di Papua dan Papua Barat di depan kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019). Aktivis menuntut pemerintah mencabut pembatasan jaringan internet di Papua dan Papua Barat. Sebab, pemblokiran dan pembatasan akses informasi ini melanggar hak digital, terutama hak warga negara untuk dapat mengakses informasi.
Penulis Devina Halim
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah membuka layanan data internet di seluruh wilayah di Papua Barat pada Rabu (11/9/2019) hari ini. Pertimbangannya, situasi di wilayah tersebut dinilai sudah kondusif.

"Pemerintah membuka kembali seluruh layanan data yang diselenggarakan oleh operator seluler di 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut pada Rabu (11/9) pukul 16.00 WIT," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui keterangan tertulis, Rabu.

Sebelumnya, pada Selasa (10/9/2019) kemarin, layanan data di wilayah Papua hanya dibuka di 11 dari 13 kabupaten/kota di Papua.

Baca juga: Pulihkan Papua dan Papua Barat, Kemensos Kucurkan Bantuan Rp 7,3 Miliar


Namun, setelah mendapat kepastian mengenai kondusivitas di dua kabupaten/kota lainnya, yaitu Kota Manokwari dan Kota Sorong, layanan internet akhirnya dibuka.

Sebelas daerah lainnya adalah Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Sorong.

Sementara itu, dua kabupaten/kota di Papua yang terdiri dari Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, masih mengalami pembatasan akses.

"Pemerintah akan terus memantau situasi dan kondisi keamanan di kedua wilayah tersebut dalam satu atau dua hari ke depan," ujar dia.

Baca juga: Jokowi Setujui Pemekaran Wilayah Papua dan Papua Barat

Sebanyak 27 dari 29 kabupaten/kota di Papua yang akses internetnya telah dibuka adalah Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, dan Lanny Jaya.

Kemudian, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya dan Mimika.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X