Empat Jenazah Kecelakaan Purbaleunyi Diidentifikasi Jenis Kelaminnya

Kompas.com - 10/09/2019, 16:22 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 4 jenazah korban kecelakaan beruntun di Kilometer 91 Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, berhasil diidentifikasi jenis kelaminnya.

"Jenazah yang berhasil diidentifikasi, untuk jenis kelaminnya saja, yang 4 orang ini diduga perempuan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2019).

Meski demikian, polisi belum dapat mengidentifikasi identitas keempat jenazah tersebut. Sebab, sudah sulit dikenali.

Rencananya, polisi akan menyelidiki identitas mereka melalui tes DNA.

Baca juga: Polisi Periksa Dua Perusahaan Terkait Kecelakaan Beruntun di KM 91 Tol Purbaleunyi

Dalam waktu dekat, polisi akan mengambil sampel DNA anggota keluarga yang masih kehilangan anggota keluarganya dalam kecelakaan tersebut. Data ante mortem itu akan dicocokkan dengan data post mortem yang didapat dari jenazah.

Dedi menambahkan, keempat jenazah itu diduga berasal dari tiga kendaraan berbeda yang terbakar saat kecelakaan.

Sebanyak 20 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di tol Purbaleunyi, Senin (2/9/2019).Handout Sebanyak 20 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di tol Purbaleunyi, Senin (2/9/2019).
Dua jenazah diduga ditemukan di kendaraan rental Daihatsu Ayla. Satu jenazah lain diduga ditemukan di Toyota Rush. Adapun jenazah terakhir diduga ditemukan di mobil Mazda.

Hal itu masih sebatas dugaan karena begitu dievakuasi, jenazah-jenazah itu langsung dijadikan satu.

"Tentunya, masih didalami tim DVI karena pada saat mengevakuasi jenazah ini tim di lapangan langsung menjadikan satu, untuk percepatan evakuasi korban dan percepatan penulihan arus lalu lintas," lanjut Dedi.

Baca juga: Pemilik Truk Penyebab Kecelakaan Tol Purbaleunyi Langgar Batas Maksimal Dimensi

Sebelumnya, kecelakaan beruntun terjadi di kilometer 91+200 Tol Purbaleunyi segmen Cipularang, Senin (2/9/2019).

Kecelakaan itu melibatkan 20 kendaraan dan mengakibatkan 8 orang meninggal dunia. Puluhan pengendara lainnya mengalami luka-luka.

Polisi juga telah menetapkan dua orang sebagai tersangka yaitu S dan DH. Keduanya ditetapkan tersangka karena dinilai lalai sehingga menyebabkan orang lain meninggal dunia dan terdapat kerugian materil.

Namun, status hukum DH gugur karena ia meninggal dunia.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X