Kompas.com - 29/08/2019, 18:49 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta para massa pengunjuk rasa terkait isu Papua dan Papua Barat tak ada yang mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Tjahjo meminta para demonstran fokus pada isu yang diangkat, sehingga tak perlu dihubungkan dengan simbol kemerdekaan Papua seperti bendera Bintang Kejora.

"Soal aspirasi ya asal tak anarkistis, tak mengibarkan bendera (Bintang Kejora) dan sebagainya ya jangan dong. Begitu aja. Soal aspirasi silakan aja. Toh juga aspirasi di kantor Kemendagri juga ada. Ya kita dengarkanlah," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (28/8/2019).

Baca juga: Bendera Bintang Kejora Sempat Berkibar saat Kerusuhan di Fakfak

Ia menambahkan, saat ini Kemendagri telah meminta kepala daerah di Papua dan Papua Barat aktif berkomunikasi melalui Forun Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari kepala daerah, pimpinan DPRD, pimpinan Polri, pimpinan TNI, dan pimpinan Kejaksaan setempat.

Ia meminta kepala daerah melalui Forkopimda aktif merespons laporan masyarakat terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Diketahui, sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme, menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/8/2019).

Baca juga: Unjuk Rasa di Depan Mabes TNI AD, Mahasiswa Papua Kibarkan Bendera Bintang Kejora

Aksi didahului dengan longmarch dari Gedung Kemendagri. Sesampainya di Istana Negara, mereka langsung membuat lingkaran yang dibatasi oleh tali rafia.

Setelah itu, musik pun didendangkan dan mereka menari tarian wisisi atau tarian adat khas Papua. Mereka tampak menari sambil mengibarkan bendera bintang kejora.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.