Anggota DPRD DKI dari PAN Diminta Tak Gunakan Pin Emas

Kompas.com - 23/08/2019, 18:44 WIB
Pin emas yang akan diterima oleh Anggota DPRD DKI Jakarta 2019 - 2024 KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIPin emas yang akan diterima oleh Anggota DPRD DKI Jakarta 2019 - 2024
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPW Partai Amanat Nasional DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo meminta anggota DPRD DKI Jakarta terpilih dari partainya tidak mengenakan pin emas yang diberikan.

Eko menilai anggota DPRD DKI tak pantas mengenakan pin berbahan emas karena masih banyak warga Jakarta yang belum sejahtera.

"Saya sudah menginstrukaikan teman-teman DPRD, ya sudah ini kamu kalau sudah diterima dipakainya nanti setelah masyarakat Jakarta makmur. Jadi kalau masyarakat belum makmur enggak usah dipakai dulu deh," kata Eko saat menghadiri milad ke-21 PAN di Pluit, Jumat (23/8/2019).

Baca juga: Soal Pin Emas Anggota DPRD DKI, Mendagri Bilang Urgensinya Apa?

Eko mengatakan, identitas diri seorang anggota DPRD DKI Jakarta tidak harus berbentuk pin emas.

Kendati demikian, ia mempersilakan apabila anggota DPRD DKI Jakarta terpilih untuk menerima pin emas tersebut karena sudah terlanjur dianggarkan.

Namun, ia mengusulkan agar anggota DPRD DKI Jakarta yang sudah menjabat pada periode sebelumnya tidak perlu diberikan pin emas kembali demi menghemat anggaran.

Baca juga: Anggota DPRD Jabar Periode 2014-2019 Dapat Pin Emas di Akhir Masa Jabatan, Apa Alasannya?

"Yang kepilih sudah lah jangan dikasih, yang baru boleh tapi kadarnya saja yang harus disesuaikan dengan pendapatan Jakarta," ujar Eko.

Sebanyak 106 anggota DPRD DKI Jakarta terpilih periode 2019-2024 akan mendapatkan pin emas 24 karat seberat 5 gram dan 7 gram.

Keterangan dari situs web apbd.jakarta.go.id menyebutkan, 1 gram emas 24 karat seharga Rp 761.000. Jika dikalikan, maka harga 1 pin emas seberat 5 gram Rp 3,8 juta, sementara harga 1 pin emas seberat 7 gram yakni Rp 5,3 juta.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X