Terima Laporan Gubernur, Mendagri Sebut Wilayah Papua Sudah Kondusif

Kompas.com - 20/08/2019, 15:35 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai melantik pejabat DKPP di Kementerian Dalam Negeri, Kamis (15/8/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai melantik pejabat DKPP di Kementerian Dalam Negeri, Kamis (15/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerima laporan dari Gubernur Papua dan Papua Barat bahwa kondisi wilayah keduanya sudah kondusif.

"Sudah kondusif, enggak ada masalah," kata Tjahjo di Kantor Wapres, Selasa (20/8/2019).

Tjahjo juga meminta Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk menyelesaikan permasalahan di wilayah mereka.

Tidak hanya itu, keduanya juga diminta tidak meninggalkan wilayahnya terlebih dahulu sebelum keadaannya benar-benar kondusif.

Baca juga: Setelah Rusuh di Manokwari, Wapres Berharap Semua Pihak Cooling Down

Jika telah kondusif dengan pasti, kata dia, maka pertemuan mereka dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bisa segera dilaksanakan.

"Nanti kami usulkan, diundang Pak Menko Polhukam, Pak Kapolri, kemudian Gubernur Papua Barat sekaligus Gubernur Papua bertemu dengan mahasiswa di Malang, Surabaya," kata dia.

Namun, soal kapan pertemuan itu dilaksanakan, Tjahjo menyerahkannya kepada ketiga gubernur tersebut.

Baca juga: Saat Polri Tuding Media Sosial Memprovokasi Kerusuhan Manokwari...

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan akan mengumpulkan ketiga gubernur pada Selasa (20/8/2019) ini terkait insiden mahasiswa Papua di asrama Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

Namun, pecahnya kerusuhan di Manokwari, Papua pada Senin (19/8/2019) membuat pertemuan tersebut dibatalkan.

Ia pun meminta Gubernur Papua dan Papua Barat yang sudah di Jakarta untuk kembali lagi ke wilayahnya, mengamankan kondisi di sana.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X