Tindaklanjuti Putusan MK, KPU Gelar Pemungutan Suara Ulang di Sigi

Kompas.com - 19/08/2019, 17:06 WIB
Pemungutan suara ulang di TPS di Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (19/8/2019). Foto: KPU Kompas.com/Fitria Chusna FarisaPemungutan suara ulang di TPS di Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (19/8/2019). Foto: KPU

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) selesai menggelar pemungutan suara ulang di satu TPS di Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Pemungutan suara ulang ini menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan sengketa hasil pemilu legislatif yang dimohonkan PDI Perjuangan (PDI-P) untuk DPRD Kabupaten Sigi.

"Proses PSU berjalan lancar, dihadiri oleh para saksi, pengawas TPS, juga KPU Provinsi Sulawesi Tengah, KPU Kabupaten Sigi, serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Kinovaro," kata Komisioner KPU Ilham Saputra saat dikonfirmasi, Senin (19/8/2019).

Baca juga: MK Perintahkan KPU Gelar Pemungutan Suara Ulang di 1 TPS di Sigi


Ilham mengatakan, dari 168 pemilih yang terdaftar di TPS tersebut, 154 pemilih hadir menggunakan hak pilihnya.

Setelah pemungutan suara selesai, KPU melanjutkan tahapan dengan menghitung suara di TPS dan melanjutkannya dengan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

"Besok dilanjutkan penetapan kursi dan calon oleh KPU Kabupaten Sigi," ujar Ilham.

Sebelumnya, MK memerintahkan KPU melakukan PSU di satu TPS di Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Baca juga: KPU Persiapkan Pemungutan Suara Ulang di Sigi, Sulawesi Tengah

Hal ini menyusul dikabulkannya gugatan yang dimohonkan PDI Perjuangan untuk DPRD Kabupaten Sigi.

"Mengabulkan permohonan pemohon sepanjang menyangkut perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Dapil Sigi V untuk sebagian," kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan dalam persidangan yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (8/8/2019).

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X