Jusuf Kalla: Saya Tidak Bicara Panjang, walaupun Terakhir Berdiri di Sini

Kompas.com - 18/08/2019, 16:12 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi di Gedung DPR/MPR, Minggu (18/8/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariWakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi di Gedung DPR/MPR, Minggu (18/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jabatan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden akan segera berakhir pada Oktober 2019 nanti.

Meski belum saatnya menyampaikan salam perpisahan ataupun berpamitan, Kalla menyadari bahwa akhir masa jabatannya hanya tinggal menghitung hari.

"Saya tidak berbicara panjang walaupun sudah terakhir berdiri di sini," ujar Kalla saat memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV MPR, Minggu (18/8/2019).

Baca juga: Jusuf Kalla: Pancasila itu Tegas dan Sederhana

Kata-kata pembuka yang disampaikan Jusuf Kalla itu langsung dibalas dengan tepuk tangan para hadirin.

Kalimat yang disampaikan Kalla tersebut ternyata berkaitan dengan penjelasannya tentang konstitusi dan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Ia mengatakan, hal yang perlu menjadi perhatian dalam pembahasan Pancasila itu adalah pelaksanaannya.

Menurut Kalla, jika ingin dilaksanakan, konstitusi dan Pancasila harus dihayati dan dipahami.

"Saya hanya ingin kita melaksanakan sesuai apa adanya. Kita bicara bagaimana mencapai tujuan yang baik, karena konstitusi, Pancasila, merumuskannya bukan untuk diseminarkan, tapi untuk dilaksanakan. Itu harapan kita semua," pungkas dia.

Seperti diketahui, Kalla selama 5 tahun berturut-turut selalu menghadiri Peringatan Hari Konstitusi yang digelar oleh MPR RI.

Adapun, masa jabatan Kalla akan berakhir pada Oktober 2019 mendatang, setelah mendampingi Presiden Joko Widodo selama periode 2014-2019.

Posisi Kalla akan digantikan oleh Ma'ruf Amin yang bersama Jokowi telah memenangkan pertarungan Pemilihan presiden 2019 lalu, untuk masa jabatan periode 2019-2024.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X