Wapres: GBHN Baik, tetapi...

Kompas.com - 18/08/2019, 15:02 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi di Gedung DPR/MPR, Minggu (18/8/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariWakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi di Gedung DPR/MPR, Minggu (18/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui bahwa usulan tentang dihidupkan kembalinya Garis-garis Besar Haluan Negara ( GBHN) adalah hal yang baik.

Namun Kalla menyebutkan bahwa saat ini yang menjadi acuan presiden dalam bekerja adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

RPJM, kata Kalla, merupakan penjabaran dari pelaksanaan program dari janji-janji yang dikampanyekan presiden saat pemilihan umum.

"GBHN baik, tapi ini yang sekarang yang menjadi RPJM adalah janji atau kampanye dari Presiden," ujar Kalla usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi di Gedung Nusantara IV, MPR, Minggu (18/8/2019).


Kalla menjelaskan, apabila negara kembali menghidupkan GBHN seperti saat orde baru, siapapun yang mencalonkan diri sebagai presiden nanti, tidak boleh lagi membuat program untuk dikampanyekan.

"Jadi tidak boleh keluar dari GBHN kayak dulu, tetapi justru melaksanakan GBHN," kata dia.

Karena hal ini masih bersifat wacana, Kalla pun menyatakan bahwa hal ini akan dibahas kembali di MPR nanti.

Baca juga: MPR Sepakat Amandemen Terbatas UUD 1945 pada GBHN

Pada saat yang sama, Ketua MPR Zulkifli Hasan juga menyatakan bahwa wacana GBHN kembali mengemuka karena pihaknya menerima rekomendasi dari MPR periode sebelumnya.

"Kami menerima rekomendasi, perlunya amandemen UUD 45 dan sistem perencanaan nasional melalui GBHN. Ini rekomendasi MPR periode lalu," ujar dia.

Ia juga mengungkapkan, UUD 1945 perlu diubah dengan mempertimbangkan perkembangan dinamika masyarakat yang ada.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X