Hari Ini dalam Sejarah: Tepat Setahun Momen Pembukaan Asian Games 2018

Kompas.com - 18/08/2019, 11:33 WIB
Pesta kembang api pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). INASGOC/M AGUNG RAJASAPesta kembang api pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini tepat setahun lalu, Indonesia resmi menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018 dengan melaksanakan upacara pembukaan atau opening ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dengan mengusung slogan Energy of Asia, upacara pembukaan Asian Games 2018 mengusung budaya khas Indonesia yang didukung oleh sekitar 5.500 pengisi acara serta 141 musisi.

Pembukaan gelaran ini juga menjadi sorotan lantaran panggung berukuran raksasa yang hadir di tengah lapangan SUGBK.

Panggung dengan berat 600 ton tersebut memiliki panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, merupakan panggung terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam upaca pembukaan acara sejenis.


Baca juga: 3 Pesan Pertahankan Semangat Asian Games 2018

Selain itu, keberadaan panggung menampilkan pemandangan gunung yang besar serta dilengkapi berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia.

Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).
Salah satu hal yang menarik dalam opening ceremony itu adalah kehadiran Presiden Joko Widodo menggunakan motor gede (moge).

Pada video intro pembukaan Asian Games 2018, tampak Presiden Jokowi menggunakan moge menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno karena mobil kepresidenan terjebak macet.

Dalam video tersebut, Jokowi digambarkan melewati beberapa rintangan. Bahkan ada adegan yang menggambarkan Presiden melakukan aksi lompatan di atas truk dengan menggunakan motor.

Setelah itu, Jokowi digambarkan tiba dan memasuki area parkir lalu turun dari motor dan menuju ke lift. Ia lalu terlihat keluar dari lift dan langsung disambut dengan dengan gegap gempita oleh puluhan ribu penonton yang berada di SUGBK.

Aksi itu langsung membuat kagum publik, bahkan sempat masuk trending topic di Korea Selatan.

Baca juga: Laporan Anggaran untuk Asian Games 2018 Dinilai Positif

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Iriana Joko Widodo (kedua kiri), Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (ketiga kanan) melambaikan tangan ke kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).INASGOC/DHONI SETIAWAN Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Iriana Joko Widodo (kedua kiri), Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (ketiga kanan) melambaikan tangan ke kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).
Selain itu, video pembukaan tersebut mengingatkan sebagian orang akan video yang ditampilkan pada upacara pembukaan Olimpiade 2012 di London. Waktu itu, Daniel Craig selaku pemeran James Bond beradu peran dengan Ratu Elizabeth II.

Momen lain yang tak terlupakan adalah kontingen Korea Selatan dan Korea Utara yang berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu.

Adapula penampilan 1.600 penari Ratoeh Jaroe yang berhasil memukau penonton. Para penari membawakan tarian indah dengan kecepatan tinggi. Bahkan, mereka juga mengganti kostum hingga enam kali dalam waktu singkat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X