KILAS

DPR RI Dukung Presiden Bangun SDM Berkualitas

Kompas.com - 16/08/2019, 18:22 WIB
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat membacakan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 Dok. Humas DPR RIKetua DPR RI Bambang Soesatyo saat membacakan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020

KOMPAS.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan dukungannya dalam akselerasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Hal tersebut juga sejalan dengan salah satu prioritas utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMN) 2020-2024.

Menurutnya, dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) yang berkesinambungan harus diberikan agar tujuan tersebut dapar terealisasi.

"Politik anggaran harus terus diarahkan pada penajaman anggaran dan kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, dan pelatihan kerja," tutur pria yang akrab disapa Bamsoet melalui rilis tertulis, Jumat (16/8/2019).

Baca juga: Dalam Rapat Paripurna DPR, Jokowi Tegaskan Komitmen Percepat Pembangunan Daerah

Di bidang pendidikan, RAPBN 2020 difokuskan pada peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan SDM Indonesia yang kompatibel dengan teknologi, informasi, dan komunikasi, serta percepatan revitalisasi sistem pendidikan vokasi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.

Di bidang kesehatan, RAPBN 2020 diupayakan dapat meningkatkan pemerataan akses dan kualitas pelayanan kesehatan.

Hal tersebut antara lain dilakukan melalui peningkatan sarana dan prasarana kesehatan yang merata dan berkeadilan, serta pengelolaan program Jaminan Kesehatan Nasional yang efektif dan efisien.

Sementara bidang pelatihan kerja, RAPBN 2020 juga sudah mencerminkan upaya Pemerintah untuk meningkatkan kemampuan SDM Indonesia di bidang science, technology, engineering, dan mathematics (STEM).

Baca juga: Ketua DPR: Pendidikan dan Kesehatan Salah Satu Fokus RAPBN 2020

Selain itu, dilakukan pula penguatan link and match pelatihan dengan dunia industri, serta penguatan sinergitas antara lembaga-lembaga pelatihan dengan pemerintah daerah, komunitas, dan dunia industri.

Menurut Bamsoet, beberapa fokus utama RAPBN tersebut harus menjadi komitmen bersama untuk menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X