Jokowi: Kita Bisa Lebih dari Itu, Kita Bisa Buat B100!

Kompas.com - 16/08/2019, 11:30 WIB
Presiden Jokowi megenakan baju adat Sasak NTB saat berpidato di sidang tahunan DPR-DPD, Jumat (16/8/2019).Biro pers setpres Presiden Jokowi megenakan baju adat Sasak NTB saat berpidato di sidang tahunan DPR-DPD, Jumat (16/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia mampu mendorong penggunaan alternatif energi untuk menekan impor minyak dan gas bumi.

Saat ini, Indonesia telah memulai program B20 yang merupakan campuran solar dengan 20 persen biodiesel. Selanjutnya, Indonesia bergerak menuju penggunaan B30.

Jokowi optimistis penggunaan biodiesel ini akan lebih banyak pada masa mendatang.

"Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa membuat B100," ujar Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang bersama DPD dan DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).


Baca juga: Setelah B20, Kini Pemerintah Uji Coba Penggunaan Biodiesel B30

Jokowi mengatakan, inovasi tersebut harus mulai digerakkan dari sekarang. Selain biodiesel, Indonesia  mulai memproduksi avtur sebagai bahan bakar pesawat.

Selama ini, Indonesia ketergantungan impor avtur karena belum mampu memproduksi di dalam negeri.

Setelah mampu memproduksi sendiri, Indonesia tak perlu avtur dari luar negeri lagi. Bahkan, Jokowi yakin Indonesia juga bisa mengekspornya.

"Kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," kata Jokowi.

Baca juga: Syarat Mesin Diesel Toyota Aman Tenggak B20

Jokowi menambahkan, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sebenarnya mampu diolah sendiri menjadi bahan bakar, seperti batu bara, kelapa sawit, dan sebagainya.

"Kalau kita melakukan hilirisasi industri kita pasti bisa melompat lagi," kata Presiden.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X