Jokowi: Kita Bisa Keluar dari Kutukan Sumber Daya Alam

Kompas.com - 16/08/2019, 11:11 WIB
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengaku yakin Indonesia dapat keluar dari kutukan Sumber Daya Alam bila mempunyai inovasi, sumber daya manusia berkualitas, dan menguasai teknologi.

"Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan penguasaan teknologi kita bisa keluar dari kutukan sumber daya alam," kata Jokowi saat membacakan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR RI, Jumat (16/8/2019).

Jokowi menuturkan, ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan untuk membawa Indonesia dapat melompat dan mendahului bangsa lain.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kita Hadapi Keterbukaan dengan Waspada

Sumber daya yang dibutuhkan, kata Jokowi, juga harus unggul, berhati Indonesia, dan berideologi Pancasila.

"Kita butuh SDM unggul yang toleran, yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi," ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan, Indonesia juga membutuhkan inovasi-inovasi yang disruptif, yaitu inovasi yang dapat membalikkan ketidakmungkinan menjadi peluang.

Baca juga: Jokowi Ajak DPR Siapkan Regulasi Perlindungan Data Pribadi

Jokowi meyakini, dengan bekal tersebut Indonesia dapat tidak lagi bergantung pada sumber daya alam di Indonesia yang suatu saat akan habis.

"Memang negara kita ini kaya Bauksit, batubara, kelapa sawit, ikan, dan masih banyak lagi. Tapi tidak cukup di situ. Kalau kita melakukan hilirisasi industri kita pasti bisa melompat lagi," kata Jokowi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X