Zulkifli: 473 Anggota Dewan Hadiri Sidang Tahunan MPR 2019

Kompas.com - 16/08/2019, 09:27 WIB
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk merajut kembali persatuan.Dok. Humas MPR RI Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk merajut kembali persatuan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, anggota dewan yang hadir dalam Sidang Tahunan MPR tahun 2019 sebanyak 473 anggota dari 692.

Artinya ada 219 anggota dewan yang tidak hadir.

Hal itu disampaikan Zulkifli pada saat membuka pidatonya di Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baca juga: [LIVE STREAMING] Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR


"Sesuai catatan daftar hadir, sampai saat ini 473 anggota dari 692 anggota MPR dan telah menandatangani daftar hadir," kata Zulhas di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Dengan demikian, rapat telah memenuhi syarat untuk dibuka dan dinyataka terbuka untuk umum," sambung Zulkifli sembari mengetuk palu sidang.

Usai menyampaikan pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR, Zulkifli mempersilakan Presiden Joko Widodo berpidato.

Baca juga: Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Sebut Sandiaga Sahabat

Setelah itu, Jokowi juga akan membacakan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Kemudian, di tempat yang sama, Jokowi akan berpidato dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Pidato itu disampaikan dalam rangka rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X