Ketua MPR: Janji Kebangsaan Bisa Ditunaikan Bila Kita Punya SDM Unggul

Kompas.com - 16/08/2019, 09:25 WIB
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk merajut kembali persatuan.Dok. Humas MPR RI Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk merajut kembali persatuan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan menyatakan sumber daya manusia masyarakat yang unggul mesti dimiliki untuk menunaikan janji-janji kebangsaan.

Zulkifli mengatkan, sumber daya manusia yang unggul tersebut juga harus ditopang oleh optimisme yang tinggi.

Baca juga: Ketua MPR Ajak Masyarakat Terima Hasil Pemilu

"Janji-janji kebangsaan yang tidak ringan itu, Insya Allah dapat kita tunaikan apabila kita memiliki sumber daya manusia unggul yang ditopang oleh optimisme yang tinggi," kata Zulkifli dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR/MPR, Jumat (16/8/2019).


Zulkifli melanjutkan, SDM yang unggul dan memiliki optimisme pun tidak cukup. Menurut Zulkifli dibutuhkan pula kesadaran persatuan dan kesatuan untuk saling bergotong-royong.

Baca juga: Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Sebut Sandiaga Sahabat

"Saling bahu membahu, bergotong royong, berat sama dipikul ingan sama dijinjing. Tepatlah kiranya jika tema Peringatan emerdekaan Indonesia ke-74 adalah SDM Unggul, Indonesia Maju," kata Zulkifli.

Janji kebangsaan yang dimaksud Zulkifli adalah melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia sebagaimana terncantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X