Presiden Jokowi: Ego Lembaga Harus Diruntuhkan

Kompas.com - 16/08/2019, 09:19 WIB
Presiden Joko Widodo berfoto bersama Ketua MPR Zulkfili Hasan dan rombongan kepala lembaga sebelum Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2019 pada Jumat (16/8/2019).KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo berfoto bersama Ketua MPR Zulkfili Hasan dan rombongan kepala lembaga sebelum Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2019 pada Jumat (16/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta seluruh kementerian dan lembaga menghilangkan ego sektoralnya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato pada Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengatakan ego sektoral antar-kementerian dan lembaga harus diruntuhkan agar lompatan-lompatan besar yang dicanangkan pemerintah bisa tercapai.

Baca juga: Presiden Jokowi: Undang-undang yang Menyulitkan Rakyat Harus Kita Bongkar


"Untuk menjadi kuat, kita tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri. Ego lembaga harus diruntuhkan, sehingga karya-karya baru dapat diciptakan bersama-sama," ujar Jokowi.

"Ego sektoral yang terkotak-kotak sudah tidak relevan lagi dan harus ditinggalkan. Kolaborasi dan sinergi antar-lembaga harus ditingkatkan," lanjut dia.

Baca juga: Jokowi: Tata Kelola Pemerintahan Gesit dan Lincah Harus Diupayakan

Jokowi mengatakan Indonesia membutuhkan terobosan-terobosan agar bisa mencapai kemajuan di usia ke-74.

"Kita butuh terobosan-terobosan baru untuk menjawab harapan rakyat yang makin meningkat. Kita butuh lompatan-lompatan kemajuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kecintaan rakyat. Kita butuh karya-karya nyata agar lembaga-lembaga Negara menjadi institusi yang kuat dan berwibawa," lanjut Presiden.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X