Akui Karhutla di Kalimantan Membesar, Wiranto Akan Meninjaunya

Kompas.com - 15/08/2019, 17:26 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memberikan keterangan pers tentang situasi keamanan terkait penetapan hasil rekapitulasi Pemilu 2019, di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Wiranto mengatakan terdapat rencana inskonstitusional dalam agenda aksi unjuk rasa pada Rabu (22/5/2019) untuk menolak hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz.
ANTARA FOTO/Aprillio AkbarMenteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memberikan keterangan pers tentang situasi keamanan terkait penetapan hasil rekapitulasi Pemilu 2019, di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Wiranto mengatakan terdapat rencana inskonstitusional dalam agenda aksi unjuk rasa pada Rabu (22/5/2019) untuk menolak hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan KPU. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengakui, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan makin membesar belakangan ini.

"Yang Riau susut. Kalimantan mulai besar. Nanti saya mau ninjau kesana," kata Wiranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Saat ditanya langkah apa yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap itu, Wiranto enggan merinci lebih jauh.

Ia hanya menegaskan bahwa sudah banyak langkah yang dilakukan pemerintah.

"Ya banyak, banyak. Nanti saya meninjau kesana," kata Wiranto sambil berjalan ke mobilnya.

Baca juga: Dalam 24 Jam Terakhir, BNPB Deteksi 137 Hotspot di Sumatera dan Kalimantan

Ia juga enggan berkomentar lebih jauh ketika ditanya mengenai warga Kalimantan mengeluhkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah mereka.

"Ya semua.... sudah lah," kata Wiranto sambil menutup pintu mobil dinasnya.

Sebelumnya, kebakaran hutan di Kalimantan dikeluhkan oleh warga lewat media sosial.

Akun @lidyaidesma mengunggah video di Twitter yang menunjukkan bahwa kebakaran hutan terjadi tidak jauh dari pemukiman warga.

Salah satu akun Twitter yang mengeluhkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan. Akun Twitter @lidyaidesma Salah satu akun Twitter yang mengeluhkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan.
Dalam kicauannya pada Selasa (13/8/2019) lalu itu, ia juga menulis akun Presiden Jokowi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X