Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2019, 14:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pernyataan presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo mengenai sosok calon menteri yang akan duduk di kabinet baru bersama KH Ma'ruf Amin memunculkan sejumlah spekulasi.

Salah satunya, pernyataan Jokowi yang menyebutkan bahwa akan ada menteri berusia di bawah 30 tahun yang duduk di kabinet selanjutnya.

Sejumlah nama pun muncul, menebak siapa kira-kira yang akan ditarik Jokowi sebagai menteri dari kalangan anak muda.

Wacana menteri berusia muda beberapa kali dilontarkan Jokowi.

Baca juga: Jokowi Ungkap Ada Menteri Berusia di Bawah 30 Tahun dalam Kabinet Baru

Jokowi pernah mengatakan akan menarik sosok-sosok muda, baik dari kalangan politisi maupun profesional untuk memimpin sebuah kementerian.

Komposisi kabinet yang akan diisi dengan sosok muda ini dianggap terobosan baru mengingat para menteri yang duduk di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla saat ini mayoritas "senior".

Melihat komposisi menteri-menteri kabinet saat ini, siapa dan usia berapa yang termuda?

1. Puan Maharani

Menko PMK Puan Maharani saat konferensi pers kesiapan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Kamis (10/4/2018).DOK Humas Kemenko PMK Menko PMK Puan Maharani saat konferensi pers kesiapan Asian Para Games 2018 di Jakarta, Kamis (10/4/2018).
Jika melihat data tahun dan tanggal kelahiran para menteri, menteri termuda berusia 45 tahun, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Putri dari presiden ke-4 Indonesia Megawati Soekarnoputri ini lahir di Jakarta, 6 September 1973.

2. Imam Nahrawi

Setahun di atas Puan, menteri termuda di kabinet saat ini adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang berusia 46 tahun.

Imam lahir di Bangkalan, Madura, pada 8 Juli 1973.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi usai menyaksikan babak final turnamen e-sports Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).Kompas.com/Alsadad Rudi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi usai menyaksikan babak final turnamen e-sports Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).
3. Muhammad Hanif Dhakiri

Di urutan ketiga adalah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri yang lahir pada 6 Juni 1972 yang kini menginjak usia 47 tahun.

Hanif Dhakiri saat menjadi pembicara seminar nasional bertema Kebijakan Sektor Tenaga Kerja untuk mendukung Transformasi Ekonomi dalam rangka 53 Tahun Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (9/8/2019).Dok. Humas Kemnaker Hanif Dhakiri saat menjadi pembicara seminar nasional bertema Kebijakan Sektor Tenaga Kerja untuk mendukung Transformasi Ekonomi dalam rangka 53 Tahun Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Di luar ketiga nama tersebut, rata-rata menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK berusia 50-60 tahunan.

Sebelumnya, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019), Jokowi menyebut ada calon menteri yang berusia 30-35 tahun, bahkan di bawah 30 tahun.

“Mereka berasal dari profesional, bukan partai. Punya pengalaman manajerial yang kuat. Tetapi saya mempertimbangkan kemampuan manajerialnya. Ada yang sangat percaya diri, tapi lemah manajerialnya,” kata Jokowi seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Siapakah sosok menteri muda berusia di bawah 30 tahun itu? Saat ini, hanya Jokowi yang tahu jawabannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.