Menatap Indonesia 74 Tahun, Apakah Sudah di Jalur yang Benar?

Kompas.com - 14/08/2019, 08:33 WIB
Ilustrasi 17 Agustus, merah putih, bendera merah putihShutterstock Ilustrasi 17 Agustus, merah putih, bendera merah putih

17 Agustus 2019, negara Indonesia genap berusia 74 tahun. Berbagai kemajuan telah diraih oleh bangsa Indonesia sepanjang 74 tahun perjalanan bangsa.

Namun, banyak pula persoalan mendasar yang masih harus diselesaikan oleh bangsa ini.

Sejumlah permasalahan mendasar yang menjadi pekerjaan rumah antara lain masalah kemiskinan, ketimpangan sosial, dan pemerataan pembangunan.


Berbagai indikator mulai dari jumlah masyarakat miskin dan gini rasio menunjukkan trend perbaikan, namun berjalan merangkak tanpa suatu lompatan.

Pekerjaan rumah besar lainnya adalah pemberantasan korupsi. Indeks

Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia menunjukkan trend perbaikan dari tahun ke tahun. Tahun 2018, skor IPK Indonesia 38 poin (peringkat 89 dari 160 negara), naik 1 poin dari 2017.

Namun, angka ini masih sangat jauh dari cerminan sebuah negara bersih layaknya negara-negara maju. Indonesia masih tertinggal jauh dari Malaysia (47 poin) dan Singapura (85 poin).

Penegakan hukum dan HAM masih menjadi masalah yang menggelayuti “langkah kaki” bangsa ini. Penuntasan pelanggaran HAM berat masa lalu terus ditagih karena tak mampu diselesaikan.

Kehidupan politik dan demokrasi setelah 20 tahun reformasi juga masih menghadapi banyak tantangan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X