Viral, Foto Jempol Anak Kecil Diwarnai untuk Turunkan Demam Tubuh

Kompas.com - 14/08/2019, 05:58 WIB
Viral, bagian jempol anak-anak diberi warna biru spidol untuk turunkan panas demam.Facebook: Fajar Firmansyah Viral, bagian jempol anak-anak diberi warna biru spidol untuk turunkan panas demam.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan menampilkan tubuh anak kecil yang diberi warna biru pada bagian jempol tangan dan jempol kaki beredar di media sosial Facebook, Sabtu (10/8/2019).

Dalam foto tersebut, dituliskan bahwa anak tersebut tengah mengalami demam di tubuhnya. Kemudian, orangtuanya mewarnai keempat jempol si anak dengan spidol biru yang diyakini mampu menurunkan panas tubuh.

"Si kecil lagi panas.. Daripada minum obat kimia, mending langsung ambil spidol biru dan warnain semua jempolnya. Enggak sampai 15 menit langsung reda. Masya Allah," tulis pemilik akun Fajar Firmansyah dalam post-nya.


Mengonfirmasi hal tersebut, Fajar mengungkapkan tindakannya merupakan mekanisme dari terapi Sujok.

"Benar. Ini saya pakai spidol white board. Ini ilmu (Sujok) saya pakai saat saya keadaan tidak membawa alat," ujar Fajar saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/8/2019).

Dalam keseharian, Fajar bekerja sebagai terapis yang khusus untuk pengobatan thibbun Nabawi, seperti bekam, guraj, ruqyah, Al Fashdu, terapi api, dan terapi listrik.

Fajar mengungkapkan bahwa warna yang digunakan pada terapi Sujok tidak menggunakan sembarang warna.

"Warna memiliki gelombang tertentu yang diterima tubuh melalui jalur energi. Dengan memberi warna tertentu, maka tubuh akan menerima energi, yang digunakan sebagai bentuk terapi di bagian yang sakit," ujar Fajar.

Menurutnya, warna merah, hijau, oranye, kuning, dan biru dalam terapi Sujok memiliki fungsi yang berbeda.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X