Selain Temuan Bajakah untuk Obat Kanker, Ini 4 Inovasi Siswa Indonesia

Kompas.com - 13/08/2019, 14:12 WIB
Ilustrasi Indonesia, bendera merah putihShutterstock Ilustrasi Indonesia, bendera merah putih

KOMPAS.com - Prestasi tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang meraih juara dunia atas temuan obat penyembuh kanker dengan bahan baku alami berupa batang pohon tunggal mengundang decak kagum.

Tanaman yang menjadi bahan dasarnya dalam bahasa Dayak disebut dengan Bajakah.

Ketiga siswa berprestasi itu adalah Yazid, Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani.

Guru pembimbing siswa yang merupakan guru Biologi SMAN 2 Palangkaraya, Helita mengatakan, keberhasilan ketiga siswa tersebut berawal dari informasi Yazid.


Saat itu, kepada gurunya, Yazid mengatakan, ada tumbuhan di hutan Kalimantan Tengah yang kerap digunakan keluarganya untuk menyembuhkan kanker.

Bahkan, untuk kanker ganas stadium empat sekali pun.

Temuan ini membawa tim siswa SMA 2 Palangkaraya mendapatkan medali emas pada kompetisi Life Science di Seoul, Korea Selatan, pada 25 Juli 2019.

Karya ilmiah sejumlah siswa di Indonesia tidak hanya membuat takjub, tetapi juga mengundang apresiasi dari dunia internasional.

Sebelum ini, sejumlah siswa Indonesia pernah tercatat menciptakan berbagai karya.

Ini beberapa di antaranya...

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X