Hoaks Fakta Sepekan, dari Pemadaman Listrik Bergilir hingga Formulir Jenis Kelamin

Kompas.com - 10/08/2019, 16:59 WIB
Ilustrasi hoaksThinkstock Ilustrasi hoaks

KOMPAS.com - Kabar bohong atau hoaks, disinformasi dan misinformasi hingga kini masih bisa kita temui di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp.

Tersebarnya kabar bohong ini tentu menimbulkan kecemasan dan keresahan bagi masyarakat yang membacanya.

Sebab, informasi yang belum jelas kebenarannya itu bisa merugikan sejumlah pihak yang tidak selektif dalam memilih dan memilah informasi yang diterima.


Dengan demikian, pembaca diimbau agar selektif dan cermat dalam menyaring informasi dan kabar yang diperoleh agar tidak termakan informasi palsu.

Pada pekan ini, Kompas.com telah merangkum ada tiga hoaks, satu fakta, dan satu klarifikasi mulai 5-10 Agustus 2019. Berikut rinciannya:

1. Pemadaman Listrik Bergilir Tiap 3 Jam di Jakarta

Beredar sebuah infomasi melalui media sosial Twitter yang menyebut akan terjadi pemadaman bergilir di Jakarta tiap 3 jam sekali pada Senin (5/8/2019).

Adapun informasi ini cepat menyebar lantaran usai blackout atau listrik mati secara serentak di wilayah Jakarta, banten, dan sebagian Jawa Barat.

Berikut bunyi pesan tersebut:

"Buat yang listriknya udah nyala: Pesan dari teman yang kerja di PLN, karena tiap 3 jam akan dimatiin bergilir jadi segera isi air dan charge segala handphone atau lampu cadangan. Silakan disiapkan temans!".

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X