Jika Konsep Tak Diterima Jokowi, Gerindra Siap di Luar Pemerintah

Kompas.com - 09/08/2019, 20:39 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/5/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOWakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan, pihaknya siap berada di luar pemerintahan jika presiden terpilih Joko Widodo menolak konsep dan program kerja sama yang telah ditawarkan.

"Dari Gerindra, seandainya konsep kita tidak diterima, kita juga bersedia di luar pemerintahan. Kita akan bantu pemerintahan dengan legislasi yang kuat," ujar Dasco saat ditemui di Hotel Ashley, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Dasco menuturkan, jika memang Jokowi menginginkan Gerindra ikut bergabung bersama-sama membangun negara, pihaknya siap masuk dalam koalisi.

Baca juga: Fadli Zon Tegaskan Gerindra Belum Memutuskan Oposisi atau Koalisi

Untuk itu, lanjutnya, konsep dan program yang ditawarkan Gerindra rencananya akan terus dimatangkan lewat pertemuan-pertemuan. Ia juga menyebut Jokowi telah menerima konsep tawaran Gerindra.

"Sudah, secara lisan sudah. Nanti kan masih ada pertemuan-pertemuan lagi, ya nanti di pertemuan itu akan kita matangkan. Kalau konsepnya diterima, baru kita lihat siapa saja kader yang cocok untuk membantu Presiden Jokowi di pemerintahanya," paparnya kemudian.

Jika konsep-konsep diterima, lanjutnya, pihaknya akan memilih kader yang memiliki kompetensi di bidang yang telah disepakati dengan Jokowi.

"Kita lihat, apa saja bidang yang diterima oleh Pak Jokowi. Misalnya bidang ketahanan pangan, nanti kita akan cari, siapa yang berkompeten di bidang itu," imbuhnya.

Baca juga: Jika Konsepnya Diterima Jokowi, Gerindra Siapkan Nama Calon Menteri

Diketahui, Gerindra menyiapkan sejumlah konsep program untuk ditawarkan kepada pemerintahan baru Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Bahkan, Gerindra juga akan menyiapkan kadernya untuk menjalankan konsep program itu apabila Jokowi-Ma'ruf menerimanya.

Konsep program tersebut dibahas dalam rapat Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama seluruh dewan pembina partai di kediamannya, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X