Kompas.com - 09/08/2019, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seleksi profile assessment untuk para calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah memasuki hari terakhir, Jumat (9/7/2018).

Ketua Panitia Seleksi (pansel) capim KPK Yenti Garnasih mengatakan, pelaksanaan profile assesment selama dua hari ini untuk mencari tahu bagaimana kemampuan kandidat dalam memimpin sebuah lembaga.

"Kami akan mencari leadership-nya bagaimana, kerja kelompok itu bagaimana, profesionalisme, independensinya bagaimana. Semua ada di sini, termasuk tingkat kestressannya juga di sini," ujar Yenti di Gedung Lemhanas, Jumat (9/8/2019).

Baca juga: Rupa-Rupa Rasa Ikut Seleksi Calon Pimpinan KPK...

Ia mengatakan, bagaimana seseorang bertindak sebagai pimpinan yang bersifat kolektif kolegial akan terlihat melalui profile assessment tersebut.

"Bagaimana seseorang dengan latar belakang yang berbeda menjadi satu pimpinan komisioner yang kedudukannya setara dengan lembaga tinggi negara. Itu juga akan diolah di situ," ucap dia.

Pentingya profile assessment ini juga agar pansel dapat menemukan calon pimpinan atau komisioner KPK yang sesuai dengan harapan.

Terlebih, profile assessment ini dilaksanakan untuk memperkuat psikotes yang dilalui 40 orang capim terpilih.

Pada Jumat (9/8/2019) ini merupakan hari kedua pelaksanaan profile assessment. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedua berupa diskusi dari hasil laporan atau makalah yang ditulis pada kegiatan hari pertama.

Baca juga: Pansel Tak Tentukan Jumlah Capim KPK yang Lolos Profile Assessment

Pengumuman hasil profile assessment pada 8-9 Agustus 2019 akan disampaikan pada 23 Agustus 2019 mendatang.

Mereka yang lolos profile assessment akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yakni tes kesehatan di RSPAD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.