5 Perayaan Unik Upacara Bendera 17 Agustus

Kompas.com - 08/08/2019, 10:45 WIB
Bendera Indonesia. ThinkstockBendera Indonesia.

KOMPAS.com - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus selalu menjadi momen spesial bagi seluruh warga Indonesia.

Selain secara formal diperingati dengan upacara bendera di atas lapangan, banyak warga yang merayakannya dengan cara yang tidak biasa.

Berikut upacara kemerdekaan yang pernah dilakukan di tempat yang tidak biasa:

1. Upacara Bendera di Tempat Sampah

Sekelompok pegiat lingkungan hidup di Kota Solo mengadakan upacara bendera di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosari, Solo pada 17 Agustus 2017.


Proses acara upacara tersebut sama seperti upacara bendera pada umumnya. Hanya saja peralatan yang digunakan terbilang sederhana.

Mereka menggunakan bambu dan tali tambang sebagai tiang bendera.

Baca juga: 3 Destinasi di Jakarta untuk Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Upacara berjalan dengan khidmat meski dilakukan di tengah bau yang menyengat. Aksi tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian Indonesia.

2. Upacara di Bawah Laut

Jika upacara lazimnya dilakukan di daratan, maka hal itu tidak berlaku bagi sekelompok komunitas penyelam di Kabupaten Kutai Timur dan Kalimantan Timur pada 2017.

Mereka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di bawah laut dengan kedalaman 20 meter di perairan sekitar Pulau Birah Birahan.

Pulau tersebut merupakan destinasi wisata tersembunyi di Kutai Timur, tetapi sebagian terumbu karang rusak akibat bom.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X