MK Bacakan Putusan 72 Sengketa Hasil Pileg Hari Ini

Kompas.com - 07/08/2019, 10:41 WIB
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Kompas.com/Fitria Chusna FarisaGedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi ( MK) menggelar sidang hari kedua putusan sengketa hasil pemilu legislatif, Rabu (7/8/2019).

Hari ini, Mahkamah akan membacakan putusan atas 72 perkara.

"Pagi ini sidang pengucapan putusan untuk 25 perkara (di sesi pertama)," kata Ketua MK Anwar Usman saat membuka persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: 67 Gugatan Pileg 2019 Diputuskan MK, Hanya 3 yang Dikabulkan Sebagaian


Mahkamah membagi sidang menjadi tiga sesi. Sidang sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB, sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB, dan sesi terakhir dimulai pukul 16.00 WIB.

Adapun 72 perkara yang akan dibacakan putusannya pada hari ini dimohonkan oleh berbagai partai politik dan individu dari sejumlah daerah pemilihan di tingkat DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Ke-72 perkara itu meliputi 18 Provinsi, yaitu Jawa Tengah, Lampung, Gorontalo, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan.

Kemudian, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jambi.

Baca juga: Kabulkan Gugatan Golkar, MK Perintahkan KPU Revisi Suara Pileg di Bintan

Pada sidang pembacaan putusan hari pertama Selasa (6/8/2019) kemarin, MK telah memutuskan 67 perkara.

Dari jumlah tersebut, hanya 3 perkara yang dikabulkan dan sisanya ditolak. Sidang akan dilanjutkan selama dua hari ke depan hingga Jumat (9/8/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X