BPIP Temui Wiranto Bahas Pengarusutamaan Pancasila

Kompas.com - 06/08/2019, 19:07 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono di Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/8/2018). KOMPAS.com/Labib ZamaniKepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono di Solo, Jawa Tengah, Kamis (9/8/2018).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Petinggi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menemui Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Selasa (6/8/2019) siang.

Plt Kepala BPIP Hariyono mengatakan, pertemuan tersebut membahas sinergi antarlembaga dalam program pengarusutamaan ideologi Pancasila.

Baca juga: Soal FPI, Menhan Bilang Kalau Tak Sejalan dengan Pancasila Tak Usah di Sini

"Koordinasi kelembagaan bagaimana program-program BPIP itu sinkron dan saling sinergi dengan Menko Polhukam sehingga enggak ada kesan antarlembaga negara itu saling bersalip-salipan," kata Hariyono kepada wartawan.

Hariyono menyebut, program pengarusutamaan Pancasila harus dimulai secara gotong-royong oleh antarlembaga sejak tahap diskusi konsep programhingga pelakaksanaannya.

Ia melanjutkan, pertemuan BPIP dan Wiranto juga membahas terkait Pancasila sebagai ideologi negara harus dipegang teguh oleh anak-anak muda.

"Pancasila itu sebagai sebuah ideologi masa depan harus dipegang, diyakini, oleh calon pemegang masa dpean Indonesia. Siapa? Ya generasi muda, generasi milenial," ujar Hariyono.

Baca juga: Caleg PKS Tandatangani Komitmen Bela Pancasila hingga Haramkan Korupsi

Hariyono menilai, kerja sama antarlembaga dibutuhkan supaya pengarusutamaan Pancasila itu dapat tersebar lebih masif termasuk kepada generasi muda.

"Sinergi antarkementerian dalam kaitannya dengan pengarusutamaan Pancasila itu harus dilakukan secara sinergis dan simultan," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X