Gempa Banten, Kepala BNPB Tinjau Pandeglang Sabtu Pagi Ini

Kompas.com - 03/08/2019, 09:04 WIB
Ratusan masyarakat yang berada di RSUD Malingping  berhamburan keluar gedung saat terjadi gempa banten magnitudo 7,4, Jumat (2/8/2019) KOMPAS.com/Acep NazmudinRatusan masyarakat yang berada di RSUD Malingping berhamburan keluar gedung saat terjadi gempa banten magnitudo 7,4, Jumat (2/8/2019)
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo sudah berada di Pandeglang Banten, Sabtu (3/9/2019) pagi ini, untuk meninjau situasi pasca gempa.

"Semestinya subuh ini, Sabtu 3 Agustus 2019, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bertolak ke Palangkaraya dan Pontianak untuk meninjau kegiatan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan," kata Staf Khusus Kepala BNPB Egy Massadiah lewat pesan singkat yang diterima Kompas.com, Sabtu pagi.

"Namun beliau menundanya dan memutuskan untuk berada di Banten terkait dengan gempa yang terjadi semalam," tambahnya.

Baca juga: Data Terbaru Dampak Gempa Banten, 106 Rumah Rusak di Pandeglang dan Lebak

Menurut Egy, Letjen Doni ingin meninjau dan secara langsung dampak pasca gempa bermagnitudo 7,4 yang terjadi semalam.

Ia ingin memastikan semua pelayanan publik terlayani.

"Saya ingin memastikan bahwa semua dukungan untuk masyarakat yang terdampak langsung atau tidak, semua berjalan dengan baik," kata mantan Danjen Kopassus itu sebagaimana yang disampaikan Egy.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Gempa Banten yang Berpotensi Tsunami

Semalam, tak lama setelah gempa, Presiden Jokowi langsung memerintahkan BNPB, TNI, Polri, dan Menteri sosial untuk bertindak cepat.

"Apabila ada yang memang harus disikapi, kita bergerak," ujar Jokowi di sela-sela menyaksikan pertunjukan Wayang Kulit di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Ia pun memastikan, keadaan saat ini sudah aman karena tidak berpotensi tsunami. Pascagempa, dirinya langsung menghubungi aparat terkait untuk mendapatkan informasi terkini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X