KILAS

DPR Minta KLHK Perhatikan Tahura Bung Hatta Agar Dikelola Profesional

Kompas.com - 02/08/2019, 18:57 WIB
DPR RI meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan perhatian khusus. DPR RIDPR RI meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan perhatian khusus.

KOMPAS.com - Usai memimpin Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi IV DPR RI Selasa (30/7/2019), Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono menginginkan Taman Hutan Raya ( Tahura) Bung Hatta di Indarung, Lubuak Kilangan, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dikelola profesional.

Demi mewujudkan hal tersebut, dirinya meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan perhatian khusus.

“Berikan ruang bagi investor yang profesional, yang betul-betul mengelola hutan, bukan merusak hutan,” ucap dia sesuai rilis yang Kompas.com terima, Jumat (2/8/2019).

Jika terealisasi, Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengimbau pihak terkait untuk selalu menjaga keasrian Tahura Bung Hatta.


Baca juga: Belasan Burung Jalak Putih Dilepas di Tahura Raden Soerjo Mojokerto

"Pasalnya tempat ini memberikan keberlangsungan hidup kepada seluruh makhluk hidup, diharapkan tidak merusak hutan," ujar Hermanto.

Ke depan, Komisi IV DPR RI berharap upaya ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya keberadaan hutan bagi ekosistem dan kelangsungan hidup manusia.

Di sisi lain, Direktur Kawasan Konservasi KLHK, Diah Murtiningsih, mengaku gembira dengan adanya upaya tersebut.

"Pohon-pohon harus kita jaga secara berkelanjutan untuk menjaga polusi dan sebagai fungsi hidrologi Provinsi Sumbar," papar Diah.

Perlu diketahui, Tahura Bung Hatta merupakan kawasan konservasi yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Adapun sesuai dengan fungsinya kawasan Tahura ini bertujuan melindungi flora dan fauna.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X