Bicara soal Muslimah Pengusaha, JK Teringat Rasuna Said serta Ibu dan Istrinya

Kompas.com - 29/07/2019, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenang sosok ibunya yang merupakan seorang pengusaha.

Kenangan tersebut ia sampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) di The Media Hotel, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Mulanya, Kalla menyatakan banyak perempuan Muslim yang berkecimpung di dunia usaha. Hal itu ditandai dengan banyaknya nama jalan protokol di Jakarta yang diambil dari sosok Muslimah pengusaha.

Baca juga: Menteri Hanif Minta Pengusaha Muslimah Perkuat Daya Saing

Salah satunya ialah Rasuna Said yang menjadi nama jalan di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Di Jakarta ada Jalan Rasuna Said. Itu pengusaha Muslimah. Wanita pengusaha yang tentu mendapat penghargaan. Setahu saya tidak ada nama jalan pengusaha (Islam) dari laki-laki di Jakarta," ujar Kalla.

Kalla lantas bercerita mengenai ibunya, Athirah. Waktu itu, ibunya sempat menyokong penuh keuangan keluarga di kala perekonomian nasional jatuh.

"Ibu saya, pada waktu ekonomi keluarga mengalami krisis karena krisis dunia, yang maju adalah ekonomi ibu saya. Dan dialah yang mendukung kami semua," kata Kalla.

Baca juga: Meski Dilarang, Penjualan Busana Renang Muslimah Burkini Melesat 200 Persen

Ia juga bercerita soal dukungan finansial yang diberikan oleh istrinya. Kalla menceritakan istrinya juga memberikan sumbangsih yang besar bagi perekonomian keluarga mereka.

Bahkan, Kalla berkelakar, gajinya sebagai wapres tak bisa menjalankan rumah tangga dengan baik tanpa sokongan finansial dari istrinya.

"Saya di Jakarta ini kalau dihitung penghasilan sebagai wapres tidak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan istri yang juga pengusaha. Gitu kan. Jadi biaya keluarga lebih banyak didukung penghasilan istri saya sebagai pengusaha," lanjut Kalla.

Kompas TV Ide bisnisnya muncul, saat ia kesulitan mencari baju renang yang syar'i, tapi tetap nyaman digunakan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.